Resep Brambang Asem Anti Gagal

Menu ini hampir jarang terdengar di telinga. Kudapan satu ini adalah kuliner khas dari Jawa Tengah di daerah Solo tepatnya Sragen. Brambang Asem itu nama yang disematkan oleh masyarakat di Sragen Solo.

Brambang Asem khas Solo
Brambang Asem khas Solo (Sragen)
Rasanya renyah dan segar sekali. Apalagi kalau dimakan sambil andok di warung dengan pincuk daun pisang; alamak nikmat mana yang akan aku dustakan. Rasa dari Brambang Asem ini mirip dengan rujak di Bali tetapi tentu ada sesuatu yang membuat citarasanya jadi unik. Yuk kita coba bikin sendiri di rumah, caranya mudah sekali kok.

Bahan:
Daun pisang untuk pincuk atau alas di piring saji
1 ikat daun ubi rambat/ubi jalar
2-3 mata asam jawa
1/2 sdt terasi bakar
Gula merah 2 keping kecil
Garam secukupnya
5 biji cabe rawit, cuci berisih (jumlah sesuaikan selera)
5 siung bawang merah sedang, bakar, bersihkan
Es batu secukupnya
1 gelas air bersih

Cara membuat:


  1. Cuci bersih daun pisang, tiriskan dan potong-potong secukupnya untuk alas piring atau dibuat pincuk
  2. Didihkan air dan siapkan juga air es berisi garam dalam baskom yang bersih. Sementara itu siangi daun ubi jalar, cuci bersih dengan air mengalir, dan tiriskan. Kemudian rebus dalam air mendidih sampai matang. Dan segera setelah diangkat, masukkan ke dalam air es untuk membuat rebusan sayur tidak matang berlebihan, hijaunya cantik, dan renyah.
  3. Siapkan cabe rawit secukupnya, garam, terasi bakar, dan bawang merah bakar di atas ulekan, ulek sampai halus. Tambahkan gula jawa ulek halus sambil diisi air sedikit demi sedikit sampai mengental. Lalu terakhir masukkan asam jawa sambil tetap diulek ringan agar biji asam jawa tidak pecah. Buang biji asam jawanya.
  4. Cicipi jika terasa kurang pedas, cabe rawit boleh ditambahkan demikian juga garamnya.
  5. Buat pincuk/Siapkan daun pisang di atas piring. Lalu ambil sayur ubi jalar yang sudah ditiriskan/diperas air esnya dan tata cantik di atas piring/pincuk.
  6. Siramkan bumbu di atas sayuran. Siap disantap


Mudah bukan?
Rasanya lengkap, asin, manis, asam, renyah. Nikmat. Meskipun makanan ndeso bagi sebagian orang, tapi kenikmatan tetap tak bisa didustakan. Mau tahu cara menikmati sayuran ini? Sayurnya boleh diganti lho, sama kok nikmatnya, usahakan pakai sayuran yang tidak umum seperti pakis, pucuk labu, pucuk kacang panjang, dsb.

Siapkan musik gamelan jawa yang lembut, sajikan dalam pincuk, duduk lesehan...top abiiis....

Comments

Popular Posts