Membuat Kering Tempe Kacang-Resep Misteryandi

Tahu gak, kalau kamu cenderung malas memasak tiap hari kamu harus pinter bikin masakan yang satu ini. Kering Tempe Kacang Tanah, ya ini masakan super. Super mudah bahannya, super mudah bikinnya, dan kalau kamu ikutin dengan benar petunjuk resep di bawah, pasti super juga rasanya. Kering tempe kacang ini juga tahan lama, biasanya cocok ditaruh di kantor buat tambahan lauk makan siang, buat anak kos yang mau praktis tuh, atau kamu bisa jual juga lho.

Persiapan, seperti biasa, kalau memasak tentu bahan dan peralatan harus siap tempur semua. Terutama alat harus bersih ya, bersih dari bekas-bekas apapun, karena bisa mempengaruhi kualitas rasa makanan dan juga higienitasnya. Nah lo.

Kering Tempe Kacang Tanah
Kering Tempe Kacang Tanah


Pisau, telenan, wadah, harus bersih dan kering. Pisau mesti tajam lho, supaya proses mengiris,memotong hasilnya bagus, tangan tidak lelah, alhasil kerjaan jadi lebih cepat juga. Sepele tapi coba buktikan deh.

Ok, kita mulai yuk.

Bahan:


2 papan tempe, iris seperti batang korek
100 gr kacang tanah kupas
50 gr teri kering

Bumbu halus:
5 cabe keriting
5 cabe rawit (sesuaikan sama selera pedasmu)
5 siung bawang putih, kupas
10 siuang bawah merah, kupas
5 butir kemiri

Bumbu brambang (goreng kering):
5 siung bawang putih, kupas dan iris tipis-tipis

5 siung bawang merah, kupas dan iris tipis-tipis
1 lombok besar iris tipis
2 cabe rawit iris tipis

Lengkuas seukuran jempol, geprek
3 lembar daun salam ukuran lebar
2 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya, lalu iris tipis pake gunting biar gampang.
2 sdm air asam jawa, sisihkan
200 gr gula aren yang dicairkan.
1 sdt garam, bisa ditambahkan kalau kurang
Penyedap (opsional)

Persiapan:
  1. Kupas dan cuci bersih semua bahan kecuali gula, asam, dan penyedap :) dan tiriskan.
  2. Proses masing-masing bahan sesuai petunjuk di atas, bahan-bahan yang dikupas dan diiris diproses semua. Maksudnya yang diiris ya diiris, yang dikupas ya dikupas, yang digeprek ya digeprek.Ok!
  3. Bumbu halus yang sudah disiapkan, diuleg halus atau diblender, sisihkan.
  4. Ambil sedikit air kurang lebih 5 sendok makan, masukkan gula aren, masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar tidak hangus sampai mencair. Sisihkan.
  5. Siapkan minyak di wajan dan panaskan.  Lalu goreng berurutan :
      1. Kacang tanah, tiriskan
      2. Tempe, tiriskan
      3. Teri, tiriskan
      4. Kemudian goreng kering  bumbu brambang, dan sisihkan.

        Pastikan semua digoreng dengan kering, jangan sampai hangus. Tandanya adalah gelembung minyak mulai berkurang dan warna berubah. Segera angkat dan tiriskan. Kalau tidak kering, nanti saat disimpan cepat melempem. You need extra skill to prepare this very well.  
    Ok, semua bahan sudah disisihkan, bila perlu tiriskan di atas kertas merang agar minyaknya terserap dan tidak berlebihan. Jangan gunakan bahan yang gosong karena jika ada yang gosong nanti malah membuat hasil akhirnya menjadi tidak enak (pahit).

    Sekarang proses pentingnya:

    1. Sisa minyak goreng tadi, sisihkan, dan ambil 4 sendok makan tuangkan di wajan. Gunakan api sedang, panaskan dan tumis bumbu halus di wajan bersama lengkuas, daun salam, dan daun jeruk purut sampai wangi.
    2. Setelah wangi tambahkan air asam jawa dan garam. Khusus garam sebaiknya dimasukan 1/2 sdt dulu dan setelah dicicipi jika dirasa kurang maka bisa ditambahkan, karena garam punya kadar berbeda-beda di tiap tempat/merek.
    3. Masukkan gula aren cair, kecilkan api sambil terus diaduk sampai bumbu berambut/caramelized sambil sesekali dikoreksi rasanya. Tambahkan garam dan gula aren jika diperlukan. Penyedap sifatnya opsional saja. Tanda bumbu sudah siap adalah gulanya mengental dan kalau diangkat agak berambut. Jika sudah seperti itu, segera matikan api.
    4. Segera masukkan semua bahan yang disisihkan tadi. Kacang tanah goreng, teri, tempe, dan brambang goreng lalu diaduk-aduk sampai bumbu bersalut dengan rata.
    5. Dinginkan, dan masukkan dalam wadah kedap udara.
    Ok, membuat kering tempe kacang tanah yang lezat sudah jadi. Mudah sekali bukan?
    Kering tempe kacang tanah kamu akan tahan lama, rasanya juga mantap ada pedas-manis-asin-rasa brambang, dan semua pasti kriuk.

    Semoga hari Anda semakin menyenangkan.

    Catatan:
    Biar tambah rame, bisa juga ditambahkan kering kentang.

    Comments

    Popular Posts