Umbut Rotan, Kuliner Khas dan Unik dari Kalimantan

Kaki menginjak bandara Iskandar di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Cuaca cukup bersahabat. Kota Pangkalan Bun yang masuk area Kotawaringin Barat merupakan kota yang termasuk menarik untuk dikunjungi.

Umbut Rotan
Umbut Rotan



Kita bisa menikmati perjalanan di sini dengan menyusuri rumah-rumah di pinggir sungai. Sungai termasuk jalur utama di sebagian besar kota-kota di Kalimantan, termasuk Pangkalan Bun. Sungai yang lebar dengan kapal-kapal klotok dan speedboat yang lalu lalang.  Kehidupan masyarakat di pinggir sungai sangat menarik. Rumah-rumah dibangun dengan kayu ulin berdiri kokoh persis di atas sungai.

Suasana pinggir sungai di Kalimantan
Jadi jika kita berada di  dalam rumah, sesekali kita bisa mendengar kecipak air di bawah rumah kayu tersebut. Kita juga bisa menjumpai pedagang ikan dan membeli ikan segar di pinggir sungai. Cukup banyak jenis ikan air tawar yang dijual disini sebutlah seperti patin, ikan pipih, sampai ikan toman pun ada. Dan ada satu jenis ikan yang harganya cukup mahal yaitu ikan jelawat.

Sekonyer Village
Salah satu sajian menarik di kota ini adalah Umbut Rotan, atau sayur rotan muda. Tidak semua rotan dapat dikonsumsi. Dan biasanya pedagang Umbut Rotan ini menjajakan dagangannya di pasar dalam bentuk rotan yang belum dikupas dengan panjang kurang lebih 50-75cm per rotannya. Rotan muda nantinya dikupas dan diambil bagian dalamnya yang lunak untuk kemudian dimasak dengan terong asam yang juga merupakan jenis terong khas dari Kalimantan. Terong dengan rasa dominan asam ini menjadi bahan utama untuk membuat sayur asam ala Kalimantan.



Umbut Rotan
Umbut Rotan yang dijual di Pasar
Rasa dari Umbut Rotan ini jika diolah dengan benar akan menyisakan sedikit rasa sepat pada daging rotan yang lunak. Diolah menjadi sayur asam Umbut Rotan membuat rotan ini bercita rasa lezat. Apalagi jika ditambah dengan sambal terasi yang pedas dan krupuk ikan. "Akuiiii..nyamannya," ujar orang setempat.


Jadi jika Anda ke Kalimantan Tengah tepatnya Pangkalan Bun, jangan lupa cicipi kuliner unik yang satu ini.(Yandi).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Umbut Rotan, Kuliner Khas dan Unik dari Kalimantan"